Persalinan Secara Normal Atau Caesar, Lebih Baik Mana?


Vision Blog - Melahirkan adalah momen yang paling ditunggu bagi seorang ibu yang sedang mengandung sang buah hati. Setiap perempuan yang hamil tentu memiliki cerita masing-masing tentang kehamilan dan proses kelahirannya. Bagi calon ibu yang masih bingung dan khawatir akan melahirkan normal atau caesar, penting untuk menyimak artikel berikut. Mulai dari kelebihan dan kekurangan dari masing-masing metode persalinan, hingga biaya persalinan di Jakarta

Sebelum memutuskan metode persalinan, pastikan ibu mengetahui dengan benar metode persalinan. Yuk, simak kelebihan dan kekurangan masing-masing metode persalinan!

Melahirkan normal
Melahirkan dengan cara ini telah dilakukan sejak dulu sampai sekarang, dan merupakan cara melahirkan yang dianjurkan. Melahirkan secara normal adalah cara terbaik karena akan memberikan sinyal ke seluruh tubuh untuk melanjutkan perannya dalam proses penyembuhan dan memberikan ASI kepada sang buah hati. Berikut kelebihan dan kekurangan melahirkan secara normal:

Kelebihan melahirkan normal
Persalinan normal mengandung resiko yang lebih minim. Rasa sakit yang dirasakan saat ibu melahirkan secara normal akan segera hilang dan sang ibu pada kondisi normal sudah bisa berjalan 4-6 jam setelah persalinan. Melahirkan dengan cara ini akan merangsang kelenjar susu ibu sehingga akan menghasilkan kolostrum yang sangat bermanfaat untuk si bayi. 

Bayi yang lahir dengan kelahiran normal memiliki daya tahan tubuh yang lebih tinggi dan lebih baik dibandingkan dengan bayi yang dilahirkan dengan cara caesar. Kelebihan lain dari melahirkan normal adalah biaya persalinan yang lebih terjangkau dibandingkan dengan persalinan caesar. 

Kekurangan melahirkan normal
Proses dalam kelahiran normal bisa berbeda-beda antara ibu satu dengan ibu yang lainnya. Ada yang tidak melalui proses kontraksi dan mengejan terlalu lama. Namun ada juga ibu yang harus menunggu lebih lama hingga bayi keluar. Hal inilah yang sering menjadi kekhawatiran calon ibu. 

Kelelahan dan menahan rasa sakit selama bayi akan lahir memang membuat ketakutan tersendiri. Meski demikian, semua rasa sakit yang dirasakan sang ibu akan segera hilang seketika sang buah hati terlahir ke dunia. 

Melahirkan dengan operasi caesar
Pada zaman dulu, operasi caesar dilakukan untuk melahirkan pada kondisi darurat. Namun sekarang sudah menjadi trend semakin banyak ibu hamil memilih melahirkan secara sectio caesaria (operasi caesar). Ibu harus benar-benar memahami metode persalinan caesar sebelum memilih menggunakan metode ini dalam melahirkan sang buah hati. Inilah beberapa kelebihan dan kekurangan melahirkan secara caesar. 

Kelebihan melahirkan dengan operasi caesar
Pada kondisi-kondisi tertentu, operasi caesar sangat membantu dalam menyelamatkan ibu dan sang bayi. Operasi ini biasanya dilakukan dokter pada detik-detik terakhir kelahiran apabila sudah tidak ada pilihan lain, yang tujuannya untuk menyelamatkan ibu dan bayi. Persalinan caesar berlangsung cukup singkat, selama kurang lebih 30-45 menit. Pada persalinan metode ini, ibu akan diberikan suntikan obat bius agar ibu tidak merasakan rasa sakit dalam proses pembedahan saat bayi dikeluarkan. 

Kekurangan melahirkan dengan operasi caesar
Ibu yang melahirkan dengan cara caesar akan merasakan sakit setelah efek bius hilang. Bahkan rasa sakit itu bisa melebihi rasa sakit dari melahirkan normal. Suntikan anastesi pada tulang belakang juga memberikan efek rasa sakit yang berlangsung cukup lama. Selain itu, resiko pendarahan yang dialami ibu pada operasi caesar dua kali lebih besar dibandingkan dengan kelahiran normal.

Biaya persalinan operasi caesar pun tergolong cukup mahal apabila dibandingkan dengan melahirkan normal. Hal ini tidak hanya biaya operasi saja, namun juga biaya yang harus dikeluarkan setelah operasi. Terutama untuk wilayah Jakarta, biaya persalinan di Jakarta tidaklah sedikit. 

Semoga bermanfaat untuk sobat dan calon ibu. Proses melahirkan adalah momen yang sangat penting bagi ibu dan juga keluarga. Dorongan dan dukungan dari keluarga dan pasangan sangat membantu ibu dalam proses melahirkan sehingga ibu dan bayi selamat apapun metode persalinan yang dilakukan. 


EmoticonEmoticon